loader

Managing Complications of Chronic Hepatitis B with Oral Antiviral

img
Download Jurnal Download PDF

Managing Complications of Chronic Hepatitis B with Oral Antiviral

  • Jurnal Kesehatan
  • 25 Agustus 2018

Medistra - Managing complications of chronic hepatitis B with oral angiviral agent, ini dibawakan Laurentus A Lesmana, dari division of hepatobiliary, depat of Interna Medicine, Universitas of Indonesia. Guru besar di bidang penyakit dalam ini pun berpraktek di bagian Digestive Disease and GI Oncology Centre, Medistra Hospital, Jakarta.

Secara garis besar, presentasi ini menggambarkan tentang evolusi terapi Hepatitis B Virus atau HBV, manajemen pasien dengan HBV terkait penyakit hati dekompensasi (DLD). Juga tentang  pengurangan risiko HCC di antara pasien sirosis.

Beberapa hal yang menjadi catatan pada materi yang disampaikan pada 25 Agustus 2018 di Lampung, ini adalah bahwa Hepatitis B kronis adalah penyakit yang sangat dinamis dan dapat berkembang menjadi sirosis atau kanker hepatoseluler (HCC). Dicatat juga tentang terapi antiviral oral yang dapat mencegah perkembangan penyakit hati dan bahkan membalikkan fibrosis hati. 

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah pengobatan dengan terapi antiviral yang manjur untuk hepatitis B kronis dapat menekan viral load, mengurangi peradangan, dan fibrosis, mengurangi risiko HCC. Terapi jangka panjang juga  diperlukan untuk mencegah komplikasi, menyembuhkan, agen yang direkomendasikan untuk kebanyakan pasien adalah ETV, TAF, atau TDF, TAF memiliki kemanjuran yang sama dengan peningkatan keamanan ginjal dan tulang dibandingkan dengan TDF.  Selengkapnya? silakan download materi PDFnya. (Mediashare)

comments

line
Comments