loader

Kenali Gejala Penyakit Jantung Koroner Sebelum Terlambat

img

Kenali Gejala Penyakit Jantung Koroner Sebelum Terlambat

  • Info Sehat
  • 14 Januari 2020

Medistra - Penyakit jantung koroner atau PJK merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, juga di Indonesia. Sebab, penyakit ini sering kali tidak menimbulkan gejala spesifik. Pasien bisa tiba-tiba mengalami serangan jantung karena tak ada pasokan oksigen ke organ tersebut.

Gejala yang ditimbulkan penyakit ini sering kali tidak disadari penderinya. Awalnya penyakit ini tidak terasa, tapi seiring bertambahnya penyempitan pembuluh darah koroner, akan muncul nyeri dada, keringat dingin, mual, napas pendek, dan mudah lelah. Jika sudah merasakan gejala ini, pasien disarankan segera ke dokter.

Saat ini, golden standard pemeriksaan untuk mendeteksi adanya sumbatan pada pembuluh darah koroner jantung adalah kateterisasi. Keakuratan atau ketepatan kateterisasi jantung hampir mencapai 100 persen.

Kateterisasi dapat memperlihatkan letak dan jumlah sumbatan, persentase sumbatan pun dapat diukur secara pasti. Dari prosedur tersebut, dokter dapat melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah secara langsung, lalu memutuskan langkah terapi lebih lanjut.

(MEDISTRASHARE)

comments

line
Comments